Senin, 24 Oktober 2011

Taksonomi Bloom Terbaru

Revisi Taksonomi Bloom
Taksonomi Bloom ini telah direvisi oleh Krathwohl salah satu penggagas taknomi tujuan belajar, agar lebih cocok dengan istilah yang sering digunakan dalam merumuskan tujuan belajar.
Kita sering mengenalnya dengan C1 s.d. C6

Pada revisi ini , jika dibandingkan dengan taksonomi sebelumnya, ada pertukaran pada posisi C5 dan C6 dan perubahan nama. Istilah sintesis dihilangkan dan diganting dengan Create.


Berikut ini Struktur dari Dimensi Proses Kognitif menurut Taksonomi yang telah direvisi
Remember (Mengingat) , yaitu mendapatkan kembali pengetahuan yang relevan dari memori jangka panjang.
 1.1 Recognizing (mengenali)
 1.2 Recalling (memanggilan/mengingat kembali)

Understand (Memahami), yaitu menentukan makna dari pesan dalam pelajaran-pelajaran meliputi oral, tertulis ataupun grafik.
 2.1 Interpreting (menginterpretasi)
 2.2 Exemplifying (mencontohkan)
 2.3 Classifying (mengklasifikasi)
 2.4 Summarizing (merangkum)
 2.5 Inferring (menyimpulkan)
 2.6 Comparing (membandingkan)
 2.7 Explaining (menjelaskan)

3 Apply (Menerapkan), yaitu mengambil atau menggunakan suatu prosedur tertentu bergantung situasi yang dihadapi.
 3.1 Executing (mengeksekusi)
 3.2 Implementing (mengimplementasi)

4 Analyze (menganalisa), yaitu memecah-mecah materi hingga ke bagian yang lebih kecil dan mendeteksi bagian apa yang berhubungan satu sama lain menuju satu struktur atau maksud tertentu.
 4.1 Differentianting (membedakan)
 4.2 Organizing (mengelola)
 4.3 Attributing (menghubungkan)

Evaluate (mengevaluasi), yaitu membuat pertimbangan berdasarkan kriteria dan standar.
5.1 Checking (memeriksa)
5.2 Critiquing (mengkritisi)

Create (menciptakan), yaitu menyusun elemen-elemen untuk membentuk sesuatu yang berbeda atau mempuat produk original.
6.1 Generating (menghasilkan)
6.2 Planning (merencanakan)
6.3 Producing (memproduksi)

 Proses kognitif meaningful learning atau yang melibatkan proses berpikir kompleks bisa digambarkan dari struktur ke C2 hingga ke C5.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar